Resume Materi - Tugas PKKMB Tingkat Fakultas

 

Materi I - Mahasiswa

Apa sih itu mahasiswa? Mahasiswa menurut saya adalah generasi penerus pemimpin bangsa. Mahasiswa harus memiliki sifat komunikasi, attitude, kuat mental, bangun jejaring, produktif, kerja sama, memotivasi, optimis dan lain sebagainya.

Narasumber : Merry Sunaryo S.Km. M.K.K (2)


Materi II - Membangun Mahasiswa Menjadi Sense of Belonging Produktif dan Inovatif untuk Masa Depan Pendidikan.

Sense of Belonging adalah rasa memiliki dalan kelompok atau organisasi tersebut. Sense of Belonging kebutuhan dasar yang perlu dimiliki, karena Sense of Belonging terkait dengan psikologis dan kesehatan mental, bahkan juga kesehtan fisik seseorang. Sense of Belongin menjadi pondasi utama yang membentuk identitas diri untuk dapat termotivasi agar dapat berpartisipasi dalam suatu hal tertentu. 

Sense of Belonging memiliki lima prinsip yaitu, tanggung jawab, kepekaan, enterpreneur, etos kerja yang tinggi, dan konsisten. Pentingnya Sense of Belonging adalah, sebagai pondasi utama membentuk identitas diri, kebutuhan emosional yang mempengaruhi kesehatan mental dan fisik, dan sebagai penggerak. Manfaat memiliki Sense of Belonging adalah, membentuk perilaku positif, membentuk etos kerja yang baik, membentuk citra organisasi dan loyalitas, dan membuat bahagia dan mengurangi risiko kesehatan. 

Narasumber : Yauwan Tobing Lukiyono, S.ST., M.T. (6)


Materi III - Mewujudkan Generasi Z yang Siap Bersaing Mewujudkan Generasi yang Lebih Baik

"Jadilah Pribadi yang Menantang Masa Depan, Bukan Pengecut yang aman di Zona Nyaman." Generasi Z adalah mereka yang lahir di tahun 1995 - 2012. Tumbuh di lingkungan yang serba digital membuat generasi ini tumbuh menjadi pribadi dengan karakteristik yang beragam, baik dari sisi hubungan interpersonal maupun akademis. 

"Kegagalan Akan Terjadi Apabila Kita Berhenti Mencoba." Bahkan indomie, mie instan butuh proses untuk mencapai sebuah kenikmatan. Jangan takut mencoba, karena dengan sebuah proses kamu akan menemukan kunci kegagalan. Sehingga di proses mu selanjutnya kamu tidak akan membuka kunci kegagalan mu itu. Tumbuhkan rasa "Mau dan Mampu" untuk memulai sebuah proses dan menuju impian mu.

Narasumber : Muhammad Ilham Rizqi Dermawan, S.TR., KKK (8)


Materi IV - Ciplukan (Physalis)    

Ceplukan dapat dimanfaatkan sebagai antihiperglikemi, antibakteri, antivirus, imunostimulan dan imunosupresan. Buah ciplukan dapat juga menyembuhkan penyakit jantung. Cara mudah mengonsumsi buah ciplukan adalah dengan di hancurkan dengan blender seperti jus. Daun ciplukan juga bisa dimakna langsung, tapi pastikan sudah dicuci bersih dulu.

Narasumber : Presentasi Kelompok VII (4)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mahasiswa Bebas Narkoba untuk Mendukung Generasi Rahmatan Lil Alamin Unusa

Resume Artikel Mahasiswa Unusa Raih Juara Tiga Lomba Video Public Health Challenge

Tantangan dan Peluang Mahasiswa dalam Revolusi Industri 4.0 dan society 5.0